Headlines

Sejarah dan Perkembangan Sekolah di Banda Aceh


Sejarah dan Perkembangan Sekolah di Banda Aceh

Banda Aceh, sebagai ibu kota Provinsi Aceh, memiliki sejarah yang panjang dan perkembangan yang pesat dalam hal pendidikan. Kota ini memiliki sejumlah sekolah yang berperan dalam membentuk generasi muda yang cerdas dan berkualitas.

Sejarah pendidikan di Banda Aceh dapat ditelusuri kembali ke masa kerajaan Aceh Darussalam pada abad ke-16. Pada masa itu, pendidikan di Aceh terpusat di dua lembaga pendidikan utama, yaitu Meunasah Dayah dan surau. Meunasah Dayah merupakan lembaga pendidikan agama Islam yang memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Aceh. Sementara itu, surau merupakan tempat belajar yang lebih kecil yang berperan dalam pendidikan formal dan non-formal.

Perkembangan pendidikan di Banda Aceh terus berlanjut hingga masa kolonial Belanda. Pada masa ini, Belanda membuka sekolah-sekolah Belanda dan juga sekolah-sekolah yang mengajarkan agama Kristen. Sekolah-sekolah ini bertujuan untuk mengubah pola pikir masyarakat Aceh agar lebih bersimpati dengan penjajah Belanda.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Banda Aceh mengalami perubahan signifikan dalam bidang pendidikan. Pemerintah pusat dan daerah berkomitmen untuk meningkatkan akses pendidikan bagi seluruh masyarakat Aceh. Sejumlah sekolah negeri dan swasta dibangun untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang semakin meningkat.

Salah satu tonggak perkembangan pendidikan di Banda Aceh adalah berdirinya Universitas Syiah Kuala pada tahun 1961. Universitas ini merupakan universitas negeri pertama di Aceh dan telah menjadi pusat pendidikan tinggi yang terkemuka di wilayah itu. Universitas Syiah Kuala memiliki beragam fakultas dan program studi yang mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, dan teknik.

Selain itu, Banda Aceh juga memiliki sejumlah sekolah menengah kejuruan (SMK) yang menyediakan pendidikan vokasional bagi siswa yang ingin memperoleh keterampilan khusus. Sekolah-sekolah ini mengajarkan berbagai program di bidang teknologi, seperti teknik mesin, teknik listrik, dan teknik informatika. SMK-SMK ini berperan penting dalam mempersiapkan tenaga kerja terampil yang dibutuhkan dalam dunia industri.

Referensi:
1. Aswad, I. (2008). Sejarah Pendidikan Islam di Aceh. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 5(1), 1-18.
2. Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Sejarah Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
3. Universitas Syiah Kuala. (n.d.). Sejarah Universitas Syiah Kuala. Diakses pada 1 September 2021, dari