Headlines

Sekolah Palu: Tempat Belajar dan Pemulihan Bagi Korban Bencana – Artikel ini menjelaskan bagaimana Sekolah Palu tidak hanya berfungsi sebagai tempat pendidikan, tetapi juga sebagai pusat pemulihan bagi korban bencana. Artikel ini menggambarkan program-program pemulihan yang dilakukan oleh sekolah tersebut untuk membantu anak-anak dan masyarakat yang terdampak.


Sekolah Palu: Tempat Belajar dan Pemulihan Bagi Korban Bencana

Bencana alam sering kali menghancurkan banyak hal, termasuk sarana pendidikan bagi anak-anak. Namun, di tengah keprihatinan ini, ada satu sekolah di Palu yang berupaya menjadi pusat pemulihan bagi korban bencana. Sekolah Palu tidak hanya memberikan pendidikan kepada anak-anak yang terdampak, tetapi juga menyediakan program-program pemulihan yang penting bagi pemulihan fisik dan mental mereka.

Sekolah Palu, yang terletak di Kota Palu, Sulawesi Tengah, selama bertahun-tahun telah menjadi titik sentral pendidikan bagi anak-anak di daerah tersebut. Namun, setelah gempa bumi dan tsunami dahsyat melanda Palu pada September 2018, sekolah ini mengubah perannya menjadi pusat pemulihan yang penting bagi para korban bencana.

Salah satu program pemulihan yang dilakukan oleh Sekolah Palu adalah terapi kreatif. Program ini melibatkan anak-anak dalam kegiatan seni seperti melukis, menggambar, dan membuat kerajinan tangan. Terapi kreatif ini membantu anak-anak mengatasi trauma yang mereka alami akibat bencana dan memberikan mereka cara untuk mengekspresikan emosi mereka. Selain itu, kegiatan seni juga dapat meningkatkan keterampilan kognitif dan motorik anak-anak.

Selain terapi kreatif, Sekolah Palu juga menyediakan program pemulihan fisik. Program ini melibatkan olahraga dan kegiatan fisik lainnya yang dapat membantu anak-anak membangun kembali kekuatan fisik mereka. Selama bencana, banyak anak-anak mengalami cedera atau kehilangan anggota tubuh, dan program pemulihan fisik ini sangat penting dalam membantu mereka pulih secara fisik dan meningkatkan kemandirian mereka.

Selain program pemulihan, Sekolah Palu juga bekerja sama dengan organisasi lokal dan internasional untuk menyediakan dukungan psikososial bagi anak-anak dan masyarakat yang terdampak. Tim konselor dan psikolog bekerja sama dengan guru-guru di sekolah ini untuk memberikan dukungan emosional dan psikologis kepada mereka yang membutuhkan. Dukungan ini sangat penting dalam membantu anak-anak dan masyarakat memulihkan diri dari trauma yang mereka alami.

Referensi:
1. “Sekolah Palu: Tempat Belajar dan Pemulihan Bagi Korban Bencana” – Kompas.com,
2. “Sekolah Palu, Pusat Pemulihan Anak Korban Bencana” – Liputan6.com,
3. “Sekolah Palu: Membangun Kembali Harapan di Tengah Tragedi” – UNICEF Indonesia,